Mengenal Apa itu MVC Codeigniter dan fungsinya?

MVC ada kependekan dari kata Model View Controller, MVC Codeigniter sama persis dengan Model View Controller, dan hampir semua jenis framework menerapkan system MVC. MVC memudahkan bagi para programmer untuk memetakan script codingnya, tak perlu lagi membuat susunan yang rumit. Struktur dari MVC cukup jelas dan mudah untuk dipahami.

Disini saya akan membahas tentang MVC Codeigniter, dalam codeigniter mvc berada dalam folder application, sesuai dengan namanya Model View Controller, folder didalamnya pun tidak berbeda dengan kepanjangan dari mvc tersebut. Hanya saja untuk controller diberikan nama folder controllers, sedikit tambahan huruf “s” di akhirnya.

codeigniter
codeigniter

Model Codeigniter

Model adalah tempat untuk script yang berhubungan langsung dengan database atau tabel dalam database, dalam model biasanya hanya script yang dibuat khusus untuk menghubungkan perintah langsung ke database atau tabel dalam database. Amat jarang penggunaan script dalam model berinteraksi langsung ke view atau tampilan website.

View Codeigniter

View adalah wadah penempatan script yang di peruntukan untuk ditampilkan dalam website maupun halaman admin, dalam folder view kita bisa menempatkan template, namun juga dapat langsung membuat sebuah controller dalam script view. Artinya dalam folder view fungsi utamanya adalah tempat untuk script yang memberikan perintah menampilkan dalam website, namun juga dapat sekaligus membuat deklarasi controller didalamnya.

Controller Codeigniter

Controller sendiri adalah tempat dimana script untuk mendeklarasikan koneksi antara script dalam model dan view, tetapi controller juga multi fungsi, dan dapat untuk membuat perintah langsung kedalam tabel database.

Dari penjelasan tentang Model View Controller diatas, dapat diambil sebuah kesimpulan, bahwa model hanya membuat perintah koneksi kedalam tabel database, sedangkan controller membuat koneksi perintah antara model dan view, dan untuk view sendiri adalah tempat membuat perintah menampilkan kedalam website, tetapi juga dapat membuat perintah koneksi langsung kedalam model.

Bagi sobat yang ingin mencoba Framework CodeIgniter silahkan langsung download dari website resmi CodeIgniter. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat penjelasa tentang Model View Controller yang telah saya jabarkan diatas. Terima Kasih…

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Incoming search terms:

  • MVC Codeigniter

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.